pantai nglambor gunung kidulBerwisata ke daerah Yogyakarta tentu seru dan mengasyikkan. Salah satu alasannya karena terdapat banyak spot wisata di kota ini. Nah, salah satu spot wisata yang harus kamu coba adalah Pantai Nglambor.

Pantai sangat indah sehingga cocok dikunjungi oleh siapa saja, terutama wisatawan yang suka akan keindahan alam. Kamu bisa snorkeling dan menikmati indahnya pemandangan alam di bawah air.

Pastinya, ini menjadi pengalaman yang tiada duanya. Oleh karena itu, berwisata ke Yogyakarta sangat dianjurkan karena terdapat ragam spot wisata yang bisa kamu pilih dengan bebas.

Alamat Serta Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

Pantai ini letaknya cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Walaupun demikian, kamu bisa mengunjungi destinasi wisata ini karena lokasinya diapit oleh Pantai Siung serta Pantai Jogan. Jadi, kamu dapat mengunjungi beberapa pantai sekaligus dalam satu hari.

Pantai ini berada di Dusun Purwodadi, Desa Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Kamu bisa mencapai tempat ini dengan memakai motor atau mobil dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Walaupun demikian, kamu tidak akan bosan selama di perjalanan. Karena, pemandangan alam sekitarnya cukup indah sehingga kamu akan menikmati perjalanan tersebut.

Rute Perjalanan dan Harga Tiket Masuk

Kamu dapat mencapai Pantai Nglambor dengan memakai kendaraan pribadi baik itu roda atau empat. Lama perjalanan sekitar 2 jam-an. Karena jarak dua tempat ini sekitar 72 km. Akses jalan utamanya sangat bagus sehingga kamu dapat menikmati perjalanannya.

Namun, untuk mencapai pantai ini kamu bisa mengikuti jalan ke Pantai Siung. Setelah mencapai pos retribusi, kamu tinggal maju sampai menemukan pertigaan.

Kamu ambil jalan ke kanan dan ikuti terus sampai ke pantai tersebut. Akan tetapi, akses jalan setelah pertigaan sebelumnya cukup buruk. Karena, bus besar tidak bisa masuk. Sedangkan mobil tidak bisa mencapai bibir pantainya. Jadi, motor adalah pilihan terbaik jika ingin berwisata ke tempat ini.

Tiket masuk ke pantai ini cukup murah, karena setiap orang dikenakan Rp 5 ribu saja. Sedangkan untuk parkir motor sebesar Rp 2 ribu dan mobil Rp 5 ribu. Area parkir cukup aman dan luas sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir.

Beberapa Fasilitas yang Tersedia

Pantai ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan karena semakin populer di kalangan para wisatawan. Seiring dengan bertambahnya jumlah pengunjung, maka berbagai fasilitas mulai disediakan agar pengunjung merasa betah.

Berbagai pantai yang ada di Gunungkidul memiliki keindahan sendiri-sendiri. Namun, pantai yang dikenal belakangan ini memiliki keunikan tersendiri. Keunikannya adalah kamu dapat snorkeling dengan mudah.

Padahal, pantai di sekitar selatan Yogya ini menghadap Samudra Hindia yang terkenal arusnya yang besar serta ganas. Namun, di pantai ini terdapat dua gunung karang yang menjadi pemecah ombak alami sehingga kamu bisa berenang dengan aman dan nyaman.

Bagian karang ini menjadi ekosistem bawah laut yang indah sehingga cocok dijadikan spot snorkeling. Setelah mengetahui potensi tempat ini maka pengunjungnya terus berdatangan. Hal ini menjadi berita baik karenanya dibangunlah beberapa fasilitas publik seperti:

  • Warung makan dan minuman yang mudah ditemukan di pinggir pantai
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Jasa ojek di sekitar area pantai
  • Penyewaan alat snorkeling bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan bawah laut

Kamu bisa menyewa alat snorkeling dengan mudah. Selain itu, harga snorkeling pantai nglambor cukup murah. Karena dengan merogoh kocek Rp 35 ribu – Rp 50 ribu bergantung kepada fasilitas dan alat yang ada kamu sudah bisa menyelam dan memakai alat tersebut dengan bebas.

Keunikan Pantai Nglambor

Pantai ini tentunya memiliki berbagai keunikan sehingga menarik perhatian para wisatawan. Hal ini bisa kamu manfaatkan dengan mengabadikannya dalam foto. Terdapat beberapa hal objek wisata yang harus kamu abadikan, yaitu

  • Snorkeling

Pantai Nglambor dikenal karena memiliki spot snorkeling-nya sendiri. Hal ini jugalah yang membedakannya dengan pantai lainnya yang berada di sekitarnya. Hal ini dapat terjadi karena adanya gunung karang yang berada dekat dari pinggir pantai.

Oleh karena itu, kamu bisa menemukan penyewa alat snorkeling dengan mudah. Setidaknya terdapat dua tempat penyewaan di pantai ini. Harga sewanya kurang lebih sama. Perbedaannya terdapat pada alat yang disediakan, baru atau tidak, kualitasnya dan lain sebagainya.

Perlu diperhatikan, bahwa kamu harus memesan jasa ini terlebih dahulu agar tidak kehabisan. Cara lain untuk mengatasi hal ini adalah dengan membawa alat snorkeling sendiri.

  • Foto Bawah Air

Selain menikmati indahnya dunia bawah air, kamu bisa juga mengabadikan keindahan tersebut dalam sebuah foto. Tentu saja dibutuhkan alat khusus agar hal tersebut dapat dilakukan. Minimalnya, kamu memiliki case smartphone yang kedap air.

Air laut di sekitar pantai ini sangat jernih sehingga kamu bisa mendapatkan foto yang bagus. Jangan lupa untuk selfie dan foto bersama teman-teman agar kebersamaan kamu dapat diabadikan dengan baik.

  • Jalur Tracking

Pantai Nglambor memiliki banyak perbukitan serta tebing. Nah, kontur daerah memungkinkan kamu untuk melakukan track ringan-sedang. Jika berhasil mencapai puncaknya, maka kamu bisa melihat keindahan alam dari posisi yang lebih baik.

Oleh karena itu, wisatawan yang suka keindahan alam plus petualangan sangat cocok untuk mengunjungi tempat ini. Selain itu, pastikan untuk datang bersama teman-teman agar wisata menjadi lebih menyenangkan.

Persiapan yang diperlukan Sebelum ke Pantai Nglambor

Jika kamu berkeinginan ke pantai ini maka terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan. Tujuannya adalah agar kamu dapat menikmati liburan dengan baik. Adapun persiapan tersebut antara lain:

  • Kendaraan

Kamu harus memakai kendaraan pribadi untuk mencapai tempat indah ini. Karena, tidak ada kendaraan umum yang bisa mencapai titik terdapat dari Pantai Nglambor. Kamu bisa memakai mobil ataupun motor untuk mencapainya.

  • Cuaca

Hal lain yang harus diperiksa adalah cuaca. Karena ketika cuaca buruk maka kamu tidak bisa melakukan snorkeling dengan mudah. Selain itu, berbagai kegiatan seperti foto-foto atau tracking menjadi terganggu karena medannya menjadi licin dan terjal.

Usahakan untuk datang ketika cuaca cerah dan tidak pada musim penghujan. Karena, ketika cuaca cerah kamu bisa melihat keindahan dunia bawah laut dengan lebih baik.

  • Minim Sinyal

Pantai satu ini memiliki letak yang cukup jauh dari kota sehingga wajar saja jika sinyal untuk setiap provider tidak tersedia. Jadi, selama berada di area ini kamu tidak bisa menerima telepon, sms ataupun memakai jaringan internet.

Sisi baiknya adalah kamu bisa fokus berwisata sepuasnya. Namun, sisi negatifnya kamu tidak bisa langsung upload setiap foto cantik di media sosial masing-masing.

Pantai Nglambor merupakan salah satu spot wisata yang harus dikunjungi setiap wisatawan baik lokal maupun internasional. Tempat ini sangat indah, karena bisa digunakan untuk berbagai tipe wisatawan baik itu yang suka pemandangan alam nan indah serta petualangan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4.8/5 - (6 votes)