Desa Wisata Kaki Langit

desa wisata kaki langit

Image Credit IG BantulSudah cukup lama diresmikan, masih banyak wisatawan yang belum mengetahui keberadaan tempat wisata satu ini. Namanya Desa Wisata Kaki Langit. Seperti namanya, desa ini merupakan sebuah kawasan yang memang diciptakan dengan konsep dewa wisata untuk mengundang wisatawan berkunjung. Baik lokal, maupun internasional.

Sama seperti tempat wisata Jogja lainnya, desa ini memiliki daya tarik yang menjamin pengunjung merasa senang karena mendapat pengalaman, serta wawasan baru. Apalagi sistem dan aturan yang diberlakukan seolah menghadirkan desa baru dengan budaya dan tradisi tertentu. Salah satunya menggunakan mata uang khusus.

Mengenal Desa Wisata Kaki Langit

Desa Wisata Kaki Langit pertama dikenalkan dan diresmikan di awal tahun 2014. Desa ini merupakan desa kawasan wisata yang fokus mengenalkan budaya dan gaya hidup sederhana ala pedesaan. Bukan hanya itu, terdapat pula Pasar Kaki Langit yang memiliki keunikan. Berlokasi di Bantul, Desa Wisata Kaki Langit ini juga sering disebut menjadi bagian dari wisata Mangunan.

Apa saja yang bisa didapatkan ketika berkunjung ke sini? Keindahan alam yang menjadi satu daya tarik dengan tampilan lereng perbukitan, sungai kecil, hutan, hingga tebing-tebing. Untuk mencapainya, wisatawan harus menggunakan alat transportasi khusus berupa mobil jeep dan motor. Daya tarik utama yang terus ditunjukan dan dikembangkan yaitu atraksi pertanian yang berupa membajak dan menanam sawah, berkebun, hingga memanen.

Desa ini seolah menghadirkan kembali potensi dalam mengembangkan tradisi dan budaya pada bidang pariwisata. Selain itu terdapat pula kuliner khas yang juga tidak kalah menarik dan mengundang banyak wisatawan, khususnya mereka yang rindu dengan kudapan tradisional yang kini sudah tidak mudah untuk ditemukan.

Seolah memahami bahwa banyaknya wisatawan yang gemar mengeksplorasi kuliner, Desa Wisata Kaki Langit menyajikan berbagai macam pilihan dengan konsep penjualan yang unik. Beberapa menu kudapan tradisional tersebut berupa tiwul, gudeg manggar, kicak, sayur bibir, cemplon, sambal terong, sayur jambu mete, sambal jenggot, botok, gudangan, pecel, dan masih banyak lagi.

Puas berwisata kuliner beraneka ragam atraksi kebudayaan pun bisa Anda nikmati yang mana mampu mengembangkan dan melestarikan budaya seperti wayang pethilan, gejog lesung, karawitan, pangomo, dan banyak lagi.

Sejarah Desa Wisata Kaki Langit

Menelusuri ke waktu yang lalu, ketika desa ini dibuat, terdapat filosofi dan tujuan yang menempel di baliknya. Desa Wisata Kaki Langit sendiri berlokasi di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk mencapainya, Anda membutuhkan waktu sekitar 40 menit dari pusat Kota Jogja.

Kemudian pada makna dan filosofinya, ‘Kaki’ yang menggambarkan sebagai bagian tubuh untuk bergerak memiliki arti bagaimanapun beban yang ditanggung, kaki harus selalu melangkah. Kemudian ‘Langit’ menggambarkan tempat luas tanpa batas jarak dan luasnya. Bisa diartikan, Desa Wisata Kaki Langit adalah desah dengan potensi wisata tinggi yang mampu melangkah dan menggerakan masyarakat dalam mencapai tujuan tanpa adanya batasan.

Terdapat 8 bagian yang disebut delapan kaki langit, terdiri dari Atap, Budaya, Rasa, Langit Ilalang, Langit Terjal, Langit Cerdas, Langit Hijau, dan Karya Langit. Mendalami tujuannya, tujuan tersebut pada dasarnya untuk menciptakan peluang untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat demi mencapai kesejahteraan. Terciptanya tempat wisata ini tidak lepas dari proses musyawarah antar masyarakat yang tergabung dalam lembaga KKLPMD.

Ketika itu munculnya ide pembangunan desa wisata karena melihat potensi yang ada dan bagaimana perkembangan pariwisata di daerah Bantul Timur. Desa Wisata Kaki Langit pun akhirnya diresmikan 9 Maret 2014. Sejak saat itu potensi wisata di Kabupaten Bantul kian meningkat, ditambah dengan banyaknya spot menarik lainnya yang berada di satu kawasan.

Tiket Masuk Desa Wisata Kaki Langit

Harga tiket masuk Rp20.000/orang.

Terdapat mata uang khusus yang harus ditukarkan dengan uang rupiah bila ingin membeli makanan dan minuman, maupun souvenir.

Jam Buka Desa Wisata Kaki Langit

Buka setiap hari Senin – Minggu dari jam 07.00 sampai 21.00.

Lokasi dan Rute Menuju Desa Wisata Kaki Langit

Alamat: Cempluk, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta – 55783.

Rute menuju Desa Wisata Kaki Langit:

Untuk mencapai ke tempat ini, jalurnya cukup mudah. Bila Anda berangkat dari pusat Kota Jogja, arahkan kendaraan Anda ke Jl. Imogiri Barat. Ikuti saja hingga bertemu dengan pertigaan, lalu ambil arah timur menuju Jl. Bakulan Imogiri. Kembali ikuti jalan utama. Nantinya Anda akan tiba di Jl. Mangunan. Jalan saja pelan-pelan sampai Anda menemukan plang petunjuk ke Desa WIsata Kaki Langit.

Fasilitas Desa Wisata Kaki Langit

Fasilitas apa saja yang tersedia di tempat ini? Karena memang dibangun sebagai tempat wisata, fasilitas sudah cukup lengkap, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Fasilitas tersebut antara lain:

  • Area parkir kendaraan.
  • Toilet umum.
  • Gazebo dan area duduk istirahat.
  • Kedai makanan dan minuman tradisional.
  • Panggung acara.
  • Area khusus untuk berkegiatan menanam dan berkebun.

Kegiatan Seru dan Daya Tarik Desa Wisata Kaki Langit

Apa saja hal seru yang bisa dilakukan, sekaligus menjadi daya tarik dari tempat wisata ini? Berikut rekomendasinya.

Menikmati Pertunjukan Tradisional

Walau tidak setiap hari ada, pertunjukan tradisional yang kerap digelar di sini melibatkan para seniman lokal.Dari mulai pertunjukan musik, tarian, sampai pertunjukan yang menjadi bagian dari upacara adat ketika panen tiba. Biasanya pertunjukan seru diselenggarakan di hari-hari spesial, termasuk akhir pekan dan tanggal merah.

Berburu Kuliner Tradisional

Kuliner tradisional menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi wisatawan yang datang dari perkotaan dan mulai sulit menemukan kudapan khas Jawa. Anda bisa berburu kuliner dengan lebih dulu menukar uang rupiah ke uang khusus yang hanya bisa digunakan di Desa Wisata Kaki Langit. Anda harus bertransaksi menggunakan mata uang tersebut.

Berkeliling dan Berfoto

Kegiatan ini pastinya wajib dan tidak boleh terlewatkan. Keliling sambil mengambil gambar dan video menarik untuk sekadar mengabadikan momen akan memberi pengalaman tersendiri. Apalagi bila Anda memang suka mengupdate media sosial, dengan latar alam dan dekorasi tradisional, tentu akan melengkapi perjalanan liburan Anda di sini.

Membeli Souvenir Karya Masyarakat Setempat

Selain sajian kuliner, Anda bisa juga membeli souvenir tradisional yang mana merupakan karya dari warga dan masyarakat setempat. Bukan hanya mendapatkan barang untuk jadi oleh-oleh, maupun kenang-kenangan, Anda juga berarti turut membantu dalam mengembangkan ekonomi warga sekitar.

Mengunjungi tempat ini juga bisa menjadi satu cara mengenalkan anak-anak dengan kebudayaan dan tradisi yang beraneka ragam. Lokasi Desa Wisata Kaki Langit sangat dekat dengan objek wisata Jogja lainnya yang bisa sekaligus Anda kunjungi, seperti Wisata Alam Watu Lawang, Seribu Batu Songgo Langit, Taman Buah Mangunan, dan Hutan Pinus Mangunan. Anda bisa mengikuti juga paket wisata Jogja untuk perjalanan yang lebih nyaman dan aman.

 

5/5 - (2 votes)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *