studio-alam-gamplong-jogja

Butuh rekomendasi destinasi wisata untuk rencana Travelling tahun ini? Ada nih, destinasi kece yang menawarkan konsep liburan berbeda sekaligus menarik yang bisa Anda coba. Yap, ada Gamplong Studio Alam yang berlokasi di Kota Gudeg, Jogja.

Tempat ini terbilang baru, lho! jadi wajar kalau belum banyak wisatawan yang tahu tempat ini. Dari namanya pasti Anda sudah bisa menebak aktivitas seru apa saja yang bisa Anda eksplor ketika berkunjung kesini. 

Artikel kali ini akan membahas lebih jauh mengenai keistimewaan destinasi yang satu ini. Disimak, yuk!

Sekilas tentang Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong ini dulunya hanyalah sebuah desa seperti pada umumnya. Tapi kemudian disulap menjadi lokasi studio alam untuk pengambilan gambar dan syuting film. 

Beberapa judul film yang pernah take gambar di studio ini. Diantaranya, film Habibie & Ainun 3, Sultan Agung, Gatot Kaca, serta Bumi Manusia. Oleh Hanung Bramantyo sang sutradara kemudian mengembangkan desa ini dan akhirnya sekarang menjadi salah satu destinasi wisata kekinian di Jogja.

Studio Alam Gamplong terdiri dari beragam studio settingan untuk kebutuhan film. Oleh pihak pengelola, studio yang dirancang dengan apik juga bisa dijadikan spot-spot foto kece bagi pengunjung yang gemar fotografi.

Studio Alam Gamplong

Hal Menarik yang Bisa Dieksplor di Studio Alam Gamplong

Kalau Anda pengen merasakan sensasi liburan yang berbeda, Studio Alam Gamplong jadi pilihan paling tepat.

Disini para wisatawan yang berkunjung tidak hanya dimanjakan dengan berbagai objek dan spot foto menarik tapi juga dapat menambah wawasan Anda tentang dunia perfilman. Berikut beberapa studio dan frame yang menarik buat Anda kunjungi.

  • Replika Kompleks Pecinan di Era 1600-an

Latar film yang juga umum dipakai yaitu kompleks Pecinaan. Settingan ini tentunya kental dengan toko-toko dan bangunan khas Cina di tahun 1600 an yang lengkap dengan tulisan Mandarinnya. 

Warna kayu dan benda-benda berbahan tanah liat juga menghiasi set kompleks pecinan ini. Kalau jadi latar foto bakal keren, bukan?

  • Settingan Era Penjajahan Belanda

Kalau Anda pernah melihat benteng pertahanan di zaman Belanda, Anda bisa dengan mudah menemukannya di Studio Alam Gamplong. Bukan benteng beneran, lho! Tapi detail bangunan dan arsitekturnya dibuat sangat mirip. 

Dilengkapi dengan sungai mini dengan jembatan di atasnya serta pintu gerbang besar untuk memasuki area benteng. Kalau jadi latar foto bakalan keren abis, deh!

Jadi kalau ada pembuatan film berlatar era penjajahan Belanda, studio ini selalu digunakan. 

  • Settingan Museum Bumi Manusia

Kalau Anda pernah menonton film karya Hanung Bramantyo berjudul Bumi Manusia pasti bakal familiar saat mengunjungi settingan lokasi museum bumi manusia.

Di Studio Alam Gamplong ini terdapat lokasi dari rumah Nyai Ontosoroh yang merupakan salah satu peran dalam film Bumi Manusia.

  • Replika Pendopo Sultan Agung

Film-film yang mengangkat budaya Jawa zaman dahulu akan membutuhkan replika bangunan seperti Pendopo Sultan Agung. Set ini juga hadir di Studio Alam Gamplong, lho! 

Detail seperti gapura yang mengelilingi pendopo sultan agung juga dibuat persis seperti aslinya. Area set pendopo ini cukup luas jadi pengunjung bebas jika ingin menjelajahi serta ber-swafoto di tempat ini.

  • Settingan Pasar Tradisional

Settingan pasar tradisional tahun 1600an dibuat pula di dalam kawasan Studio Gamplong untuk tujuan produksi film. Berbagai ornamen dan barang yang menjadi ciri khas pasar jadul ada disini, seperti pengadaan keranjang dagangan yang besar serta payung kertas.

Jika Anda belum puas menjajal Studio Gamplong. Masih di kawasan Desa Wisata Gamplong, Anda juga bisa berkunjung ke pusat kerajinan tenun. 

Kain tenun yang masih diproduksi secara manual tanpa bantuan mesin membuat banyak wisatawan yang penasaran akan prosesnya bisa melihat langsung di pusat kerajinan ini.

Di pusat kerajinan ini Anda bisa belajar menenun dari warga setempat dan tentu saja bisa membeli kain tenun asli buatan tangan sebagai oleh-oleh.

Tidak hanya itu, ada juga destinasi wisata lainnya seperti Polaman River Tubing, Goa Payaman, Praon Cawan, dan Batu Tumpuk Kedung Watu Brongkol. 

Tiket Masuk Studio Alam Gamplong

Untuk biaya pemeliharaan segala fasilitas dalam studio, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dikenakan tarif tiket masuk Studio Alam Gamplong secara sukarela. 

Tapi untuk menikmati beberapa fasilitas tambahan, pengunjung dikenakan tarif tambahan. Untuk fasilitas kereta tua dan juga tiket masuk museum Habibie dan Ainun masing-masing dikenakan tarif seharga Rp.5 ribu.

Untuk masuk ke Museum Bumi Manusia dan Galery Antiques & Ruang Rahasia dikenakan tarif Rp.10 ribu. Bagi Anda yang ingin tahu studio Alam Gamplong buka jam berapa? Yakni jam 8 pagi hingga jam 5 sore. 

Semenjak pandemi melanda Indonesia, destinasi ini sempat ditutup sementara. Namun, sekarang sudah kembali dibuka dengan syarat pengunjung yang datang harus mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Fasilitas yang Tersedia bagi Pengunjung

Berkunjung ke Studio Alam Gamplong, wisata Sleman tidak bakal membuat Anda bosan. Kenapa? Karena di tempat ini Anda bisa menjelajahi banyak tempat dan menemukan hal-hal baru. 

Apalagi pihak pengelola melengkapi tiap sudut dengan fasilitas yang menjamin kenyamanan pengunjung. Seperti, area parkir, tempat makan, toilet umum, toko souvenir, galeri, dan tidak ketinggalan spot-spot foto keren.

Lokasi serta Rute ke Gamplong Studio Alam

Akses menuju wisata Jogja, Gamplong Studio Alam cukup mudah. Lokasinya berada di Desa Sumber Rahayu, Kec. Moyudan, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Jalanan menuju ke lokasi tersebut beraspal namun tidak ada angkutan umum yang bisa ditumpangi pengunjung. Jadi, untuk menuju ke lokasi Anda harus menyewa kendaraan pribadi.

Rute yang bisa Anda lalui untuk mencapai lokasi, Anda bisa melewati Jl. Wates Km.15. 

Setelah bertemu jembatan rel kereta api, Anda bisa langsung belok kiri dan jalan terus hingga menjumpai lapangan. Dari titik ini Anda tinggal mengikuti arah hingga mencapai titik lokasi Gamplong Studio Alam.

Kata Mereka mengenai Gamplong Studio Alam

Gamplong Studio Alam yang masuk kawasan Desa Wisata Gamplong memiliki pesona tersendiri. Dimulai dari keindahan alam pedesaan yang masih asri dengan udara yang sejuk sampai spot-spot foto menarik yang jarang ditemui di tempat lain.

Tidak heran kalau banyak pengunjung yang kemudian memberikan review positif setelah kunjungannya dari destinasi yang satu ini. Bahkan banyak dari pengunjung yang merekomendasikan tempat ini sebagai kunjungan wisata wajib saat berada di Jogja.

Gamplong Studio Alam sudah tidak diragukan lagi daya tariknya. Menghabiskan waktu liburan bersama keluarga disini akan mengedukasi sekaligus memberi pengalaman liburan yang tak terlupakan. Senang-senangnya dapet, wawasan juga bertambah, bukan?

5/5 - (3 votes)