Rate this post

Stasiun Tawang adalah salah satu landmark ikonik di ibu kota Jawa Tengah yang wajib masuk dalam daftar wisata sejarah Anda. Kota Semarang memang kaya dengan bangunan kuno peninggalan pemerintah kolonial Belanda. 

Sebut saja Lawang Sewu, Gereja Blenduk, Gedung Marba, Masjid Layur Kampung Melayu dan beberapa bangunan lainnya.

Namun, apa keistimewaan dari  Stasiun Semarang Tawang yang akan membuat Anda untuk tidak sabar mengunjunginya? Simak informasi mengenai stasiun terindah pada zaman Hindia Belanda berikut ini.

stasiun tawang

Sejarah Stasiun Tawang

Menilik sejarah pembangunan Stasiun Tawang, tentunya tidak terlepas dari Stasiun Semarang NIS yang merupakan stasiun kereta pertama di Semarang. Stasiun pertama ini dibangun di desa Kemijen pada tahun 1867 oleh Nederland Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). 

Awalnya stasiun ini dibangun untuk memperlancar distribusi hasil panen perkebunan di wilayah Vorstenlanden (jalur Yogyakarta – Surakarta) sekaligus mengangkut penumpang. Sejarah Stasiun Tawang dimulai ketika stasiun Semarang NIS dirasa tidak mampu lagi melakukan fungsinya.

Pihak Nederland Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) menunjuk seorang arsitek bernama Sloth-Blauw Boer sebagai perancangnya. Arsitek berkebangsaan Belanda ini diminta untuk merancang bangunan stasiun yang tidak terlalu megah namun tetap indah. 

Peletakan batu pertama pembangunan stasiun ini dilakukan pada tahun 1911 oleh seorang putri dari Kepala Teknisi NISM bernama Anna Wilhelmina van Lennep. 

Sloth-Blauw Boer berhasil mengejawantahkan permintaan NISM menjadi sebuah bangunan yang indah. 

Hal ini dibuktikan dengan berita yang terdapat pada harian Bataviaasch Nieuwsblad pada 2 Juni 1914 sehari setelah diresmikannya Stasiun Tawang. Harian tersebut menyebutkan bahwa bangunan gedung Stasiun Tawang sebagai grooste en moosite yaitu bangaunan yang paling megah dan elok di masa itu.

Lokasi Stasiun Tawang

Lokasi Stasiun Tawang Semarang berada di Jl. Taman Tawang No. 1, Kelurahan Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang 50211. 

Kini stasiun tertua kedua di Semarang ini dikelola oleh PT. Kereta Api Indonesia DaOp (Daerah Operasi IV) Semarang. Stasiun Tawang telepon yang dapat dihubungi adalah +62 (024) 3544 544. 

Stasiun Tawang buka setiap hari untuk melayani penumpangnya karena memiliki jadwal kereta stasiun Tawang Semarang yang relatif padat. 

Memiliki jarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota, lokasi stasiun ini mudah dicapai oleh para pengunjung dan penumpang. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum menuju lokasi.

stasiun tawang semarang

Berikut beberapa daya Tarik Stasiun Tawang yang perlu Anda ketahui:

  • Keindahan Bangunan

Stasiun Tawang dibangun pada sekitar abad 20. Arsitektur Stasiun Tawang bergaya Eropa yang terlihat sangat elegan namun klasik hingga kini. Gedung utama atau focal point dari stasiun ini adalah berupa hall dengan 4 pilar penyangga yang besar dan memiliki langit-langit tinggi. 

Pada bagian atas bangunan ini bermahkotakan sebuah kubah yang indah. Sejatinya seluruh bagian lain pada gedung stasiun merupakan sebuah maha karya yang layak untuk dikagumi. 

Pada malam hari, pemandangan lobi akan terlihat semakin indah dengan temaramnya sang surya yang diganti dengan kerlip lampu. Alunan music keroncong yang menggema di bangunan menghadirkan atmosfer tempo dulu yang klasik. 

  • Monumen Lokomotif

Daya Tarik lain yang membuat lokasi ini layak untuk dikunjungi adalah adanya Monumen Lokomotif D 301 59 yang berlokasi di bagian Polder stasiun. Monumen ini baru diresmikan oleh Dirut Pt. KAI yaitu Bapak Edi Sukmoro pada bulan Maret 2020 lalu. 

Ibu Hevearita G. Rahayu selaku Wakil Walikota Semarang turut mendampingi dalam peresmian monument tersebut.

Monumen ini dilengkapi dengan air mancur menari (dancing fountain) yang akan makin terlihat indah jika Anda mengunjunginya pada senja atau malam hari. 

Tujuan utama pembuatan monument adalah untuk mengenang lokomotif jenis D 301 59 yang sudah beroperasi sejak tahun 1962. Dengan adanya monument ini, tentunya juga akan menarik para wisatawan untuk mengunjunginya.

  • Fasilitas Lengkap

Walaupun stasiun ini merupakan stasiun tertua kedua di Semarang, namun bangunan dan gedungnya masih kokoh dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap. Berikut beberapa fasilitas yang dapat Anda temukan di Stasiun Tawang:

  • Area Parkir Kendaraan yang luas
  • Kamar Mandi dan Toilet
  • Klinik Kesehatan
  • Mushola
  • Minimarket
  • Warung Makan dan Café
  • Ruang tunggu dan tempat istirahat yang nyaman

Fasilitas tersebut terawat dengan baik untuk memberikan pelayanan terbaik dan kenyamanan bagi pengunjung. Dengan fasilitas yang lengkap pengunjung dan wisatawan tidak perlu takut merasa lapar atau lelah ketika menjelajah stasiun legendaris ini. 

Berwisata ke stasiun kereta di Semarang yang terkenal ini terasa sangat nyaman dan menyenangkan. 

  • Berdekatan dengan Lokasi Wisata Lain

Keistimewaan Stasiun Tawang adalah tempat wisata historis ini dikelilingi oleh banyak lokasi wisata ikonik yang ada Semarang. Hal ini tentunya sangat menguntungkan para wisatawan karena mereka dapat sekaligus menjelajah tempat wisata tersebut ketika mengunjungi Stasiun Tawang. 

Berikut beberapa lokasi wisata yang berada di sekitar Stasiun ini:

  • Lawang Sewu
  • Gereja Blenduk
  • Wisata Kota Lama Semarang
  • Masjid Agung Jawa Tengah
  • Kawasan Simpang Lima
  • Dream Museum Zone, dan masih banyak lagi.

Kondisi ini menguntungkan wisatawan karena mereka dapat membuat rencana liburan lengkap untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut sekalian.

  • Dekat dengan Hotel dan Penginapan

Anda tidak perlu bingung mencari hotel dan penginapan ketika memilih wisata Semarang dengan mengunjungi stasiun Tawang. Pasalnya, ada banyak sekali hotel dan penginapan yang berlokasi di seputaran Kawasan stasiun kereta api Semarang ini. 

Sebut saja Aston Semarang Hotel and Convention Center, Hotel Olympic, Oyo 422 Achterhuis Guest House, Hotel Pattimura atau Metro Hotel. Masih banyak hotel dan penginapan lain yang berdekatan dengan lokasi stasiun. Anda bebas memilih hotel dan penginapan terbaik sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda. 

  • Dekat dengan Pusat Oleh-oleh

Tidak afdol rasanya jika mengunjungi suatu tempat tanpa membawa buah tangan khas dari tempat tersebut. Berwisata di stasiun Tawang memudahkan Anda untuk mencari buah tangan dari pusat oleh-oleh Semarang yang lokasinya tidak jauh dari stasiun. 

Berikut beberapa tempa oleh 0leh yang dapat Anda tuju:

  • Moaci Gemini
  • Lumpia Express
  • Batik Semarang
  • Pia Kemuning
  • Spekoek Waikiki
  • Lumpia Mataram
  • Istana Brilliant
  • Pusat Oleh-Oleh Pandanaran, dan lain sebagainya.
  • Lagu Gambang Semarang

Jika stasiun kereta api pada umumnya menggunakan nada Westminster Chime untuk menandai kedatangan kereta, tidak demikian halnya dengan Stasiun Tawang. Kedatangan kereta di stasiun ini ditandai dengan berkumandangnya lagu Gambang Semarang dalam iringan piano. Unik, bukan? 

  • Live Music

Satu lagi daya Tarik yang ditawarkan oleh Stasiun Tawang adalah adanya penampilan music secara langsung (live) oleh kelompok musik Gunungjati. Keroncong adalah jenis music yang selalu mereka mainkan selama puluhan tahun untuk menghibur penumpang di stasiun ini.

Nah, sekarang Anda sudah memiliki cukup informasi mengenai Stasiun Tawang. Pastikan bahwa Anda dapat mengunjungi tempat ini dan menyaksikan keindahannya secara langsung. Selamat berlibur!

Click here to add your own text