Pasar Beringharjo, Pusat Belanja Batik Terlengkap di Yogyakarta

pasar-beringharjo-jogjaBagi anda yang ingin belanja batik di Yogyakarta pasar Beringharjo merupakan tempat yang paling tepat karena terdapat aneka ragam kerajinan batik dengan harga murah dan terlengkap. Pasar Beringharjo telah digunakan sebagai tempat untuk melakukan transaksi jual beli sejak tahun 1758, pasar ini termasuk pasar yang lengkap mulai dari batik, jajanan pasar, jamu tradisional hingga patung berbagai souvenir unik.  Pasar ini telah menjadi pusat kegiatan ekonomi sejak ratusan tahun yang lalu, bila ingin membeli batik maka Beringharjo adalah tempat yang tepat karena memiliki koleksi batik yang terlengkap di Yogyakarta.

Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional kelas 1 yang memiliki layanan transaksi  ekonomi dengan skala nasional. Tidak hanya batik yang terdapat pada pasar ini, melainkan sayuran, buah-buahan, peralatan rumah tangga, makanan tradisional hingga barang antik, namun citra yang melekat pada pasar ini adalah pusat penjualan batik di Yogyakarta. Di pasar ini menjual berbagai macam batik mulai dari kain hingga pakaian batik yang sudah jadi dengan bahan katun hingga sutra. Harga batik di pasar ini pun bervariasi, namun bila kita mengerti kebiasaan serta mengerti cara menawar di pasar ini maka akan mendapat batik dengan harga yang sangat miring. Ada beberapa tips berbelanja di pasar Beringharjo supaya mendapat batik dengan harga yang miring.

Tips Belanja Murah di Pasar Beringharjo

Saat menawar batik, sebaiknya ajak teman yang bisa bahasa jawa supaya tidak terlihat bila kita pendatang, selain itu penjual batik di pasar ini banyak yang tidak terlalu mengerti bahasa Indonesia. Tawar menawar menggunakan bahasa Jawa akan memberi kesan bila kita adalah masyarakat lokal Yogyakarta, sehingga harga yang ditawarkan tidak terlalu tinggi.

Berbelanja saat kios baru mau buka atau menjelang tutup dapat memungkinkan kita mendapatkan harga yang sangat murah, karena bila datang sesaat setelah kios di buka maka penjual akan lebih mementingkan mendapatkan penglaris di awal, sementara saat membeli menjelang tutup toko penjual terkadang beranggapan bila pembeli tidak akan datang kembali esok hari sehingga menawarkan barang dengan harga yang murah. Namun tidak semua penjual beranggapan seperti itu, tetapi mayoritas penjual dipasar ini seperti itu.

Saat melakukan penawaran di pasar ini, lakukan penawaran 50% dari harga yang ditawarkan, tetapi dapat juga menawar di bawah setengah dari harga yang ditawarkan. Namun ada beberapa orang yang beranggapan bila menawar setengah dari harga sebenarnya adalah hal yang kejam, sehingga banyak orang merasa segan atau tidak enak, tetapi menawar di bawah setengah harga yang ditawarkan juga hal yang sah-sah saja dalam transaksi jual beli.

Bila belanja batik di pasar ini bersama rombongan, maka akan lebih mudah mendapatkan batik dengan harga yang sangat miring, karena barang jualan penjual akan laku lebih banyak. Saat gagal melakukan penawaran, segera tinggalkan kios dan segera beralih pada penjual yang lain, penjual sering kali mudah menjadi luluh di saat melihat pembeli beralih ke kios yang lain, sehingga ia akan memanggilnya kembali sebelum pergi jauh.

Pasar ini mulai di padati dengan wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk memburu batik mulai dari pukul 11 siang hingga pukul 15.00 WIB. Di jam-jam tersebut, pasar ini penuh dengan orang sehingga akan sulit berjalan karena terlalu padatnya pengunjung. Saat merasa haus karena lelah memilih dan menawar batik, kita dapatmeminum es cendol yang merupakan minuman khas Yogyakarta dengan harga yang murah yaitu sekitar Rp 2.000/ gelas.

Pasar Beringharjo berlokasi masih di sekitar kawasan Malioboro yang buka pada jam 9 pagi dan tutup pukul 5 sore, namun aktivitas pedagang tidak berhenti pada jam tersebut karena di depan pasar masih menawarkan berbagai makanan khas seperti kue klepon, gudeg, martabak dan masih banyak lagi. Sambil menikmati makanan kita dapat mendengarkan musik tradisional Jawa, sehingga rasa lelah belanja batik dan mengelilingi pasar Beringharjo tidak akan terasa lagi. Selamat berbelanja! dan tentunya jika anda butuh rental mobil di jogja silahkan langsung menghubungi kami.

5/5 - (1 vote)
1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *