Rate this post

Objek wisata kota lama dapat kita jumpai di Jakarta dan Bandung Jawa Barat atau Surabaya dan Malang di Jawa Timur. Sementara di Jawa Tengah ada Kota Semarang dengan kawasan Kota Lamanya yang di abad 19 menjadi pusat perdagangan serta pemerintahan.

Sekarang pengunjung dapat menikmati atmosfer Eropa tempo dulu, yaitu sekitar tahun 1700-an saat jalan-jalan di objek wisata ini. Bagaimana tidak, di tempat ini terdapat 50-an gedung berarsitektur Eropa klasik dengan ciri khas dinding tebal, serta ukuran jendela dan pintu yang lebar.

kota lama semarang malam hari

Asal Mula Objek Wisata Sejarah Kota Lama Semarang

Bagaimana bisa ada bekas pemukiman warga Belanda di Semarang? Sejarah Kota Lama Semarang berawal dari kesepakatan antara Amangkurat II dan VOC untuk menjadikan Kota Semarang sebagai imbalan kepada pihak VOC. 

Imbalan tersebut sebagai balas jasa kerajaan atas bantuan VOC dalam menumpas pemberontakan Trunojoyo.

VOC kemudian membangun Benteng Vijhoek yang berfungsi sebagai pangkalan militer sekaligus hunian warga Belanda di Indonesia. Kompleks bangunan ini lambat laun mulai meluas dengan tambahan beberapa gedung perkantoran serta pemerintahan.

Bangunan bekas benteng yang masih tersisa sampai sekarang adalah De Zuider Por atau penduduk setempat menyebutnya sebagai Jembatan Berok.

Rute Menuju Objek Wisata Kota Lama Semarang

Tidak sulit untuk menuju objek wisata yang sering dijuluki Little Netherland ini karena lokasinya terbilang strategis. Kawasan wisata unik seluas 31 hektar ini berada di kawasan Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. 

Kami merekomendasikan rute berikut untuk menuju destinasi Kota Lama Semarang dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum:

  • Kendaraan pribadi

Dari Kota Demak Anda bisa langsung mengarah ke Terminal Terboyo dan melanjutkan dengan melintasi Jalan Jenderal Raden Patah untuk menuju lokasi.

Untuk keberangkatan dari kawasan Ungaran Anda bisa mengikuti rute Banyumanik – Peterongan dan lanjutkan hingga Jl. MT Haryono. Setelah tiba di Bundaran Bubakan arahkan kendaraan ke Jl. Cendrawasih hingga tiba di tujuan wisata.

Rekomendasi rute terakhir adalah dari arah Barat Kota Semarang dengan melintasi rute bundaran Kalibanteng – bundaran Tugu Muda – objek wisata Lawang Sewu – Jl. Pemuda, Pasar Johar – Kota Tua. 

Agar perjalanan Anda berlangsung lancar tidak ada salahnya mengaktifkan Google Maps untuk mendapatkan petunjuk peta Kota Lama Semarang.

  • Transportasi Umum

Jika Anda turun di Stasiun Tawang dari luar kota, untuk menuju Kota Lama cukup dengan berjalan kaki. Anda juga bisa naik angkutan kota (angkot) jurusan Pasar Johar yang berada di dekat Kota Lama.

HTM Objek Wisata Kota Lama Semarang

Untuk memasuki objek wisata ini Anda tidak dikenai biaya sama sekali alias gratis serta dibuka 24 jam penuh. Namun untuk pengunjung yang ingin mengelilingi Kota Tua dengan sepeda onthel atau skuter Anda bisa menyewanya di lokasi. 

Tarif sewa sepeda adalah Rp15.000,00 untuk 60 menit, sedangkan untuk sewa skuter tarifnya adalah Rp15.000,00 untuk 15 menit.

Di sekitar Kota Tua ada beberapa tujuan wisata yang sekaligus dapat Anda singgahi seperti Old City 3D Trick Art Museum. Untuk menikmati koleksi karya seni 3 dimensi sekaligus spot foto yang seru ini Anda harus membayar tiket Rp30.000,00.

Jangan lewatkan juga untuk mengunjungi Semarang Contemporary Art Gallery dengan membeli tiket seharga Rp10.000. Di sini Anda dapat menyaksikan buah karya para seniman handal dari seluruh pelosok nusantara.

Fasilitas di Objek Wisata Kota Lama Semarang

Tempat wisata Kota Lama ini terbilang cukup nyaman untuk dijelajahi karena fasilitas umum yang tersedia sudah semakin lengkap. Ini misalnya toilet dan tempat ibadah yang memadai, termasuk tempat sampah dalam jumlah banyak agar kebersihan tempat bersejarah ini selalu terjaga.

Selain itu ada pula fasilitas berbayar seperti café-café berkonsep unik serta restoran yang menyediakan menu bercita rasa lezat. Ini antara lain Spiegel Bar & Resto, Café Tekodeko,  Café Marabunta, Café Nuris, dan Café Retro.

Jika berminat Anda juga bisa mencoba wisata Kota Lama Semarang malam hari untuk menikmati ragam kuliner tempo dulu yang banyak dijajakan. Pemerintah dan pengelola juga terus berupaya mempercantik kawasan wisata sejarah ini. 

Di malam hari Anda akan menyaksikan Kota Lama terlihat elegan dengan pendar lampu-lampu pada sisi jalannya. Sudut-sudutnya pun semakin dipenuhi spot foto Instagramable seperti bangku taman dengan dekorasi mural, atau kotak telepon London kuno. Lebih dari sekedar untuk tempat berfoto, box telepon ini ternyata juga berfungsi sebagai spot charger ponsel.  

Cara Seru Menikmati Objek Wisata Kota Lama Semarang

Kota Lama adalah tempat yang tepat untuk berwisata edukasi dan memperluas wawasan terutama mengenai sejarah. Inilah sebabnya kami menyarankan untuk mengikuti paket-paket wisata jelajah Kota Lama yang disediakan oleh pengelola agar tidak melewatkan spot yang menarik.

Paket-paket wisata tersebut dikemas dalam aktivitas walking tour, vespa tour, dan naik sepeda onthel berkeliling Kota Lama

Selama perjalanan Anda akan didampingi pemandu wisata profesional yang memberi penjelasan mengenai gedung-gedung tua yang dilewati. Rute yang telah ditentukan meliputi Monod Diephuis – Gereja Blenduk – Jembatan Berok – Jl. Mpu Tantular – Marabunta – Jl. Letjen Suprapto.

Setiap kali melewati gedung bersejarah rombongan dapat berhenti sejenak untuk melihat-lihat bagian dalam gedung. Anda berminat? Cukup siapkan ongkos sebesar Rp75.000,00 untuk mengikuti tur yang asyik ini.

Untuk mendaftar pengunjung bisa langsung mendatangi Tourist Information yang berada di Gedung Popo yang letaknya berhadapan dengan Dream Museum Zone.

kota lama semarang

Spot-Spot Paling Populer di Objek Wisata Kota Lama Semarang

Ada tempat-tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi jika Anda jalan-jalan ke Kota Lama Semarang. Daftar spot wisata terbaik yang telah kami siapkan adalah:

  • Taman Srigunting

Inilah lokasi yang populer sebagai meeting point pada destinasi wisata ini. Taman yang asri ini didesain unik dengan berbagai properti seperti skuter, sepeda, sampai patung-patung artistic untuk berfoto.

  • Gereja Blenduk

Bukan hanya icon wisata Kota Lama, gereja tua ini juga merupakan salah satu bangunan terpopuler di Semarang. Bagian yang paling menarik perhatian dari Gereja Blenduk adalah bagian atapnya yang membulat.

  • Gedung Marba

Arsitektur Gedung Marba sangat khas dengan corak Eropa klasik. Anda bisa berfoto di sekitar bangunan ini sambil mengenakan outfit bernuansa vintage.

  • Rumah Akar

Tempat ini sering menjadi lokasi pemotretan profesional dan prewedding. Sesuai namanya spot foto favorit ini berupa bangunan rumah tua yang bagian tengahnya dililit oleh akar pohon besar. Dahulu rumah ini bekas kantor redaksi koran berbahasa Belanda NV Dagblad de Locomotief

  • Pasar Klithikan

Inilah surganya barang-barang antik terutama untuk para kolektor gerabah dan koin kuno, perangkat elektronik  serta motor lawas berdesain unik.

Kesimpulan

Mengunjungi destinasi yang satu ini Anda sekaligus dapat berwisata sejarah, kuliner, dan belanja. Dengan mengikuti paket tour yang tersedia Anda akan mendapatkan informasi yang akurat dari guide mengenai sejarah  gedung-gedung tua di Kota Lama Semarang.

Bersantap di café atau restoran kawasan Kota Lama pasti menimbulkan sensasi yang berbeda mengingat lokasinya yang bersuasana tempo dulu. Terakhir Anda bisa berburu benda-benda unik di pusat barang antic Pasar Klithikan.

Objek wisata ini juga cukup mudah diakses karena posisinya yang strategis, ditambah lagi tidak perlu merogoh saku dalam-dalam untuk menikmati keindahannya.

Nah, jika berkunjung ke Kota Semarang, jangan sampai lupa memasukkan destinasi kota lama ini pada itinerary Anda. Selamat liburan!