5/5 - (1 vote)

Warung Bakmi Mbah Gito

Wisata kuliner lezat di Jogja memang tak ada habisnya, salah satunya bakmi Mbah Gito. bakmi godog Jawa dengan cita rasa tradisional ini selalu bikin kangen setiap kali Anda mencicipinya.

Sajian bakmi godog atau bakmi rebus menjadi menu andalan di warung Mbah Gito. Aroma dan bumbu bakminya yang begitu meresap seolah menyihir lidah untuk tidak berhenti menikmati.

Nah, jika Anda penasaran di mana lokasi bakmi Mbah Gito dan bagaimana sensasi kenikmatannya, simak ulasan berikut ini.

Keunikan Konsep Tempat Jadi Pembeda

Anda mungkin bisa menemukan menu bakmi godog di manapun, tidak harus datang ke warung bakmi Mbah Gito. Tetapi, alasan kenapa tempat ini menarik bagi banyak orang salah satunya karena konsep yang diusung.

Bakmi Jawa Mbah Gito

Saat masuk ke dalam, berbagai perabot dari bahan kayu akan terlihat di mana-mana. Mulai dari meja makan dan kursinya, hingga semua interior dibuat dari kayu.

Jangan menilai buku dari sampulnya mungkin adalah ungkapan yang paling pas untuk menggambarkan warung Mbah Gito. Dari luar, tampilannya memang terlihat seperti gubuk biasa. Namun, di dalam Anda akan disuguhi nuansa Jawa yang begitu kental dengan semua pernak perniknya.

Sederhana, nyaman, bersih, dan cocok untuk kumpul bersama keluarga dan kerabat.

Itu termasuk beberapa patung pahatan kayu berbentuk wajah yang membuat ruangan semakin estetik. Ini juga penting, terutama bagi para pemburu foto untuk dipamerkan di media sosial.

bakmi Mbah Gito yang Menggoyang Lidah

Stop dulu membahas soal interior karena tujuan utama orang datang ke bakmi Mbah Gito adalah untuk makan. Menu utamanya adalah bakmi Jawa Jogja, walaupun ada juga beberapa menu lain yang tak kalah lezat.

Bakmi Jawa Khas Jogja

Kira-kira, apa yang membuat bakmi di warung Mbah Gito sangat terkenal di Jogja?

Resep bakmi Jawa Mbah Gito pastinya jadi rahasia kenapa orang-orang terpikat dengan rasanya. Yang jelas saat disajikan dengan kepulan asap, dan aromanya begitu menggoda.

Bakmi biasanya disajikan di piring alih-alih mangkuk, walaupun itu bakmi kuah. Tetapi justru itulah yang membuat rasanya lebih mantap, meresap dan lebih mudah menikmatinya.

Tambahan topping seperti daun bawang, bawang goreng, suwiran ayam, dan lain-lainnya, menambah kenikmatan. Disuap hangat-hangat, rasa gurihnya begitu terasa.

Untuk tekstur bakmi kuningnya sendiri terasa sangat kenyal dan lembut. Topping suwiran ayam kampung yang terasa empuk membuat perpaduan yang cocok untuk menikmati seporsi bakmi godog Mbah Gito.

Satu hal yang berbeda dan menjadi ciri khas waurng bakmi Mbah Gito menu dengan telur bebek. Cita rasa unik telur bebek turut menambah keunikan rasa di dalam mulut. 

Pasti ingin tambah terus karena tak terasa satu piring bakmi telah habis dilahap.

Selain bakmi godog Jawa, ada pula menu bakmi goreng. Menu ini bisa jadi pilihan lain jika Anda lebih menyukai makanan manis. 

Ada pula menu spesial berupa kombinasi nasi goreng dan bakmi goreng ala Magelang.

Rasa gurih dan manisnya kecap, serta aroma rempah-rempahnya begitu menggugah selera. Pastinya menu ini siap menggoyang lidah dan menuntaskan rasa lapar Anda.

Harga Menu Bakmi Mbah Gito

Menu Bakmi Jawa Mbah Gito
Sudah mulai tergoda untuk mencicipi menu-menu yang ada di warung bakmi Mbah Gito? Tenang, harganya masih tergolong murah meriah, tetapi soal rasa pastinya setara menu bintang lima.

Sebagai gambaran, berikut tabel daftar harga bakmi Mbah Gito terbaru.

Menu Harga
bakmi Godog/Goreng Rp22.000
Magelangan Rp20.000
Nasi Goreng Rp18.000
Capcay Rp27.000
Rica Ayam Kampung Rp35.000
Rica Paha Rp40.000

Untuk tahu harga-harga selengkapnya, langsung saja meluncur ke warung bakmi Mbah Gito. Harga di atas mungkin juga sudah mengalami perubahan saat Anda datang kesana di lain waktu.

Jika membawa kendaraan pribadi, ada biaya parkir Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp4.000 untuk mobil.

Fasilitas yang Lengkap

Selain menu yang oke, fasilitasnya juga harus diakui cukup baik. Dari sisi pelayanan pun Mbah Gito sepertinya sangat mengutamakan kenyamanan pelanggan.

Nuansa khasnya tetap ditonjolkan, yaitu para pelayan mengenakan pakaian adat Jawa. Untuk mempercepat komunikasi satu sama lain, beberapa orang menggunakan HT saat koordinasi pesanan. Praktis dan efisien sekali.

Pesanannya pun tidak terlalu lama datang, biasanya cuma butuh waktu 15-20 menit sesuai banyaknya konsumen.

Pertanyaannya, apakah orang yang bernama Mbah Gito juga ikut melayani? Jika Anda beruntung, Anda mungkin akan dihampiri oleh Mbah Gito ke meja untuk menawarkan menu terbaik. 

Tidak ketinggalan, fasilitas umumnya juga lengkap dan nyaman. Anda bisa memakai WiFi gratis, duduk di tempat lesehan, tersedia stop kontak, tempat ibadah, toilet, dan area parkir.

Bukan hanya itu, ternyata lokasi warung bakmi Mbah Gito ini juga sangat strategis, lo.

Alamat bakmi Mbah Gito dan Rutenya

Lokasi warung di daerah Kotagede, Yogyakarta, tepatnya di Jalan Nyi Ageng Nis No. 9, Rejowinangun. Aksesnya sangat mudah karena berada di tengah kota, dekat dengan beberapa fasilitas umum.

Dari pusat Kota Jogja, hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke lokasi. Pastikan datang antara pukul 11.00 sampai 23.00. 

Rute termudah untuk mencapai warung yaitu:

Jl. Panembahan Senopati > Jl. Secodiningratan > Jl. Sultan Agung > belok kanan ke Jl. Batikan > belok kiri ke Jl. Babaran > belok kanan ke Jl. Veteran > belok kiri ke Jl. Ki Penjawi.

Dari situ lokasinya sudah sangat dekat dengan Jalan Nyi Ageng Nis, di mana bakmi Mbah Gito berada.

Mampir Belanja Oleh-oleh ke Dagadu

Setelah puas makan dan bakminum, ternyata lokasi warung Mbah Gito tidak jauh dari pusat oleh-oleh Yogyatourium Dagadu Djokdja. 

Banyak orang menyarankan untuk mampir belanja setelah Anda merasakan kelezatan bakmi khas Jogja. 

Jaraknya tidak jauh, hanya sekitar 650 meter dari lokasi, bahkan bisa jalan kaki saja. Tidak hanya menjadi pusat belanja barang-barang khas, tetapi sekarang bangunannya semakin ciabakmik dengan mural-mural.

Jadi selain belanja, Anda pun bisa mengambil foto kenang-kenangan di sana. 

Ini hanya sekadar saran. Boleh mampir, boleh juga langsung ke tujuan lain.

Mbah Gito dan bakmi Jawa Legendaris

Bakmi Mbah Gito ini mungkin masih kalah tua dengan beberapa kuliner khas Jogja lainnya. Pasalnya, warung itu baru pertama kali beroperasi di tahun 2008, atau sekitar 13 tahun lalu.

Tetapi setiap pejabat atau aktor dari kota besar ke Jogja, warung bakmi Mbah Gito selalu ada dalam daftar kunjungan. Itulah kenapa bakmi ini begitu melegenda, terlepas dari cita rasanya yang memang sangat khas. 

Jika Anda warga Jogja dan tinggal di dekat lokasi, warung bakmi Mbah Gito juga menawarkan layanan antar tanpa bertemu. Ini bisa menjadi opsi di masa pandemi seperti sekarang di mana Anda tetap bisa menikmati bakminya di rumah.