5/5 - (1 vote)

Candi Borobudur, siapa yang tidak kenal dengan salah satu keajaiban dunia sekaligus tempat paling bersejarah ini. Kalau Anda berkunjung ke Jogja dan tidak menyambangi destinasi yang satu ini akan sangat sayang sekali, bukan?

Kemegahan warisan budaya ini punya banyak kisah serta hal unik dan menarik untuk di eksplor. 

candi borobudur

Keistimewaan Candi Borobudur

Bangunan dari Candi Borobudur tidak hanya mengagumkan dari arsitekturnya tapi juga banyak fakta menarik dan sejarah yang menjadikan bangunan megah ini sangat istimewa. Berikut daftar keistimewaan yang dimaksud.

  • Candi Borobudur menjadi monumen warisan agama Buddha terbesar di dunia. Terdiri dari 504 patung Buddha dengan dikelilingi stupa yang masih sangat terpelihara, ternyata candi ini sudah berumur ratusan tahun.
  • Bangunan candi merupakan hasil dari pahatan jutaan batu vulkanik yang disusun saling mengunci satu sama lain. Layaknya puzzle raksasa, jadi dalam pembangunannya tidak menggunakan semen sebagai perekat. Dan makin takjub lagi karena bangunan andi masih awet hingga saat ini.
  • Sosok dibalik keindahan arsitektur candi Borobudur bernama Gunadarma ditengarai yang memiliki andil besar dalam tiap detail pembangunan candi. Namun sayang, sangat sedikit catatan sejarah yang menerangkan sosoknya.
  • Beberapa kali pernah tertimbun material yang diakibatkan letusan Gunung Merapi, candi borobudur tetap berdiri kokoh hingga kini.
  • Alasan pembangunan Candi Borobudur masih belum diketahui pasti. Padahal, pengerjaannya memakan waktu yang sangat lama yaitu sekitar 75-100 tahun.
  • Dari penampakan candi tentunya Anda sudah bisa menebak kalau candi  ini merupakan simbol yang mengisahkan perwujudan Buddha. Kisah tersebut digambarkan dalam bentuk pahatan relief sebanyak 2.672. 

Sebenarnya masih banyak keistimewaan candi borobudur lainnya yang bisa Anda gali saat kunjungan ke andi megah ini. 

Tidak hanya sekedar jalan-jalan mengitari area andi yang bisa dilakukan para pengunjung, ada banyak aktivitas lainnya yang juga tak kalah menarik. Apa saja?

Aktivitas Menarik saat Berkunjung ke Candi Borobudur 

Sebelum mengunjungi Candi mungkin banyak dari Anda berpikir aktivitas mengitari candi akan sangat membosankan. Tapi nyatanya para wisatawan setelah tiba di hadapan Candi Borobudur akan terhipnotis dengan keindahan dan keunikan arsitektur serta detail relief Candi ini. 

Alhasil, Anda bisa tidak sadar akan waktu yang dihabiskan untuk menjelajahi seluruh bangunan candi borobudur. Aktivitas menarik yang sering dilakukan wisatawan saat berkunjung kesini, salah satunya Anda bisa menikmati keindahan sunset maupun sunrise dari atas candi. 

Pemandangan yang tercipta dijamin akan membuat Anda terpukau. Jangan lupa untuk mengabadikan momen langka ini, ya! Soalnya, kapan lagi bisa berfoto dengan latar candi ditambah cahaya sunset ataupun sunrise. 

Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai sejarah candi, masih di kawasan Candi Borobudur terdapat beberapa museum. Diantaranya ada museum GUSBI (Galeri Unik dan Seni Borobudur Indonesia).. Tidak jauh dari museum GUSBI, ada museum Kapal Samudraraksa, juga ada museum Borobudur.

Kalau Anda lapar, di sekitar kawasan candi banyak penjajah makanan khas Jogja yang siap mengisi perut sekaligus memanjakan lidah dengan rasa yang nikmat tentunya. 

Sebagai bukti Anda telah mengunjungi Candi Borobudur, membeli oleh-oleh tentu menjadi kegiatan wajib, kan! Di area bagian luar candi banyak terdapat kios yang menawarkan oleh-oleh khas Jogja yang bisa Anda beli.

Puas mengeksplor Candi Borobudur dan wisata kuliner, Anda bisa mencoba mengunjungi destinasi wisata yang berada tidak jauh dari kawasan Candi Borobudur. Diantaranya ada Candi Mendut, Candi Pawon, serta Candi Ngawen yang tidak kalah indah dan eksotik.

Kunjungan wisata lainnya yang juga berada di sekitar candi. Ada destinasi Sungai Elo yang menawarkan aktivitas arung jeram yang seru dan menantang. Kunjungi pula desa-desa wisata yang berlokasi tidak jauh dari candi. 

Disini Anda bisa menikmati suasana alam pedesaan sambil berwisata kuliner, juga mengunjungi pusat-pusat kerajinan yang ada di tiap desa wisata tersebut.

Fasilitas bagi Para Wisatawan 

Karena merupakan daerah tujuan wisata, pengelola dan pemelihara Candi telah menyiapkan beberapa fasilitas umum yang bisa menjamin kenyamanan para wisatawan saat berkunjung. Diantaranya ada area parkir yang cukup luas, toilet, mushola, area tempat makan, hingga pusat oleh-oleh.

Dilengkapi pula dengan wahana wisata seperti Museum Arkeologi. Selain itu, ada juga Kosmologi Buddha yang bisa dieksplor wisatawan.  

Lokasi dan Rute Menuju Candi Borobudur 

Bagi Anda yang bertanya, Candi Borobudur dimana? Candi Borobudur terletak di kota Yogyakarta. Tepatnya, di Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa tengah. 

Untuk rutenya,  jika Anda berangkat dari pusat kota Jogja, Anda bisa melewati jalur Magelang-Yogyakarta. Lalu lanjut ke jalan Kusen Mayor kemudian ke Jalan Sudirman. Dari sini Anda tinggal jalan lurus saja hingga sampai di kawasan candi Borobudur.

Dari pusat kota Magelang, perjalanan yang harus Anda tempuh untuk sampai ke lokasi sekitar 17 km. Dengan berkendara menggunakan mobil atau motor akan memakan waktu sekitar setengah jam kalau tidak ada kemacetan.  

Anda juga bisa menggunakan bantuan Google Map untuk menuntun Anda menuju lokasi Candi Borobudur.

Apa Kata Wisatawan?

Sejak dibuka dan diresmikan sebagai destinasi wisata, kawasan Candi Borobudur Yogyakarta tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi, di waktu-waktu liburan pastinya sangat rame. 

Wisatawan yang sudah berkunjung ke Candi Borobudur sebagian besar memberikan review ataupun feedback terkait kesan mereka setelah kunjungan. 

Dan sudah tidak diragukan lagi kalau para wisatawan banyak yang memberikan review bahwa Candi Borobudur merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat di Jogja.

Banyak juga pengunjung yang terkagum-kagum akan kemegahan arsitektur candi dan detail relief candi borobudur. “Candi Borobudur adalah Sebuah mahakarya terbaik yang pernah dibangun” ujar salah satu wisatawan sehabis berkunjung.

Indonesia dengan segala warisan budayanya termasuk Candi Borobudur jadi tempat terbaik untuk dikunjungi saat liburan ke Jogja. Memukau pengunjung dengan keindahan arsitektur dan kisah sejarah dibaliknya menjadi daya tarik yang sangat sayang jika dilewatkan.

Bagi Anda yang belum pernah dan belum sempat berkunjung ke Candi Borobudur, sekarang saatnya untuk membuat planning liburan tak terlupakan dengan berwisata ke Jogja.