Mengunjungi 8 Candi Purba di Yogyakarta

candi purba jogjaCandi Purba di Jogja – Yogyakarta sudah terkenal dengan berbagai tempat wisata, salah satunya adalah candi purba yang berhasil menarik perhatian wisatawan dari dalam dan luar negeri. Para wisatawan terutama yang berasal dari luar negeri tidak hanya sekedar ingin melihat keindahan candi saja, melainkan juga untuk mengetahui tentang sejarah serta nilai yang terkandung di dalam candi. Mengunjungi candi dapat membuat pengetahuan sejarah menjadi bertambah serta lebih mengerti budaya yang ada di masa lampau.

Berikut review singkat beberapa situs Candi purba yang ada di Yogyakarta yang mungkin saja baru anda dengar namanya.

1. Candi Plaosan

Candi ini terletak tidak jauh dari candi Prambanan, candi Plaosan di bangun oleh Rakai Pikatan. Memiliki keunikan tersendiri yang tidak di miliki oleh candi lain yaitu adanya sepasang candi utama kembar yang dilengkapi teras dengan permukaan halus.  Arsitektur candi ini adalah perpaduan antara Hindu dan Budha. Candi ini memiliki teras berbentuk segi empat yang dikelilingi oleh tempat bersemedi yang memiliki bentuk gardu serta stupa, candi ini sering di sebut candi kembar. Candi ini memiliki 116 stupa perwara dan 50 candi perwara.

2. Candi Barong

Candi Barong terletak di perbukitan Batur Agung, dekat dengan candi Prambanan. Candi ini di bangun sekitar abad ke-10. Candi ini adalah candi hindu di Jogja yang sempat menjadi tempat pemujaan Dewa Wisnu karena terdapat arca Dewi Sri dan Dewi Laksmi, bagian puncak candi berbentuk permata. Candi Barong memiliki tiga halaman, halaman yang paling tinggi adalah halaman ke tiga dan telah disucikan.

3. Candi Sari

Candi Sari terletak 2 km sebelah barat dari candi Prambanan, candi ini memiliki tinggi mencapai 34 m dan lebar 45 m dikelilingi sebanyak 52 stupa dengan tinggi sekitar 4,60 m. di candi ini terdapat 3 candi pendukung yang memiliki permukaan batu berlapis Brajalepha, yiatu lapisan yang ada pada ornament relief terbuat dari beberapa getah tanaman berwarna kuning yang berfungsi untuk merekatkan serta melindungi ornament supaya tidak mudah rusak.

4. Candi Ijo

Candi ini berada di lereng sebelah barat sebuah bukit di timur Yogyakarta. Candi Ijo merupakan salah satu peninggalan candi Hindu di Yogyakarta dan diperkirakan di bangun pada abad ke 10, di komplek candi ini terdapat candi induk, candi Pengapit dan candi Perwara. Di depan candi Induk terdapat sebuah candi kecil yang di bangun untuk melakukan pemujaan terhadap Brahma, Wisnu dan Syiwa. Untuk masuk ketempat ini tidak dipungut biaya, namun pada umumnya pengunjung memberikan sumbangan sukarela kepada petugas yang berjaga di posko candi Ijo.

5. Candi Kalibening

Candi ini bercorak Buddha dan memiliki 52 stupa, di kompleks candi ini di temukan 3 buah candi kecil serta candi utama yang berbentuk stupa. Berdasarkan prasasti yang ditemukan tidak jauh dari candi ini menyebutkan bila candi ini di bangun untuk menghormati Bodhisattwa wanita. Keistimewaan candi ini yaitu memiliki lapisan penutup candi bernama Bajralepa (sejenis teras yang di ukiran batu halus), atap candi berbentuk segi delapan dan puncaknya berbentuk stupa.

6. Candi Banyunibo

Candi ini terletak di sebelah selatan Candi Plaosan, candi ini bercorak Budha yang memiliki 6 buah candi pendamping yang terletak di sisi selatan dan timur candi induk. Saat memasuki candi ini, kita akan menaiki tangga di bagian depan sisi kanan dan kiri serta di sambut arca singa. Pintu masuk candi ini berbentuk lorong panjang berbentuk melengkung ke atas yang dilengkapi dengan relief Dewi Hariti pada dindingnya.

7. Candi Abang

Candi ini terletak tidak jauh dari Candi Barong, candi Hindu yang di bangun sekitar abad ke 9. Candi ini berbentu mirip piramid dan terbuat dari batu bata merah, di dalam candi ini terdapat arca berlambang Dewa Syiwa dan beralas yoni berbentuk segi delapan.

8. Candi Gebang

Candi ini bercorak Hindu yang di bangun pada abad ke-8, candi ini terletak di kompleks perumahan yang padat penduduk. Candi Gebang memiliki ukuran kecil, menghadap ke timur yang dilengkapi dengan lingga dan yoni. Meskipun termasuk candi kecil, akan tetapi candi ini merupakan salah satu candi yang unik karena di bangun tidak untuk dimasuki sehingga supaya dapat masuk harus menggunakan tangga, selain itu di candi ini terdapat arca Ganesha dalam posisi duduk di atas sebuah yoni.

Demikianlah beberapa situs candi purba yang terdapat di daerah Yogyakarta, jika anda ingin berkumjung ke tempat tersebut atau tempat wisata lainnya kami siap mengantarkan anda dan keluarga. Anda bisa pesan rental mobil dengan supir yang ramah dan berpengalaman di halaman ini

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *