5 Pusat Kerajinan Populer di Jogja

pusat kerajinan yogyakartaSaat berkunjung ke kota yang dijuluki sebagai Kota Pelajar dan juga Kota Gudeg ini, tak lengkap rasanya bila tak mencari oleh-oleh khas dan mengunjungi pusat kerajinan di sana. Ya, Jogjakarta dikenal sebagai kota yang kreatif, dengan beragam seni dan hasil kerajinan yang telah mendunia. Kota kecil nan eksotis ini juga ramai dikunjungi baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Apakah yang mereka cari di kota Jogja? Sudah tentu mencari hal baru dan unik dimana tidak ditemukan daerah asal mereka. Bagi Anda yang hobi berburu barang-barang seni, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir di beberapa pusat kerajinan populer di Jogja dimana Anda bisa menemukan banyak benda-benda unik yang tidak ditemukan di daerah lain.

Berikut daftar 5 pusat kerajinan populer di Jogja:

1. Malioboro
Lokasi: Jalan Malioboro, Jogjakarta, Indonesia.

souvenir malioboro

Daftar teratas dalam 5 Pusat Kerajinan Populer di Jogja adalah pasar Malioboro. Siapa yang tak kenal pasar Malioboro? Berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti karangan bunga, Malioboro menjadi ‘kembang’ yang pesonanya mampu menarik ribuan wisatawan.

Malioboro memang terkenal sebagai salah satu pusat kerajinan populer di Jogja, bahkan diklaim sebagai pasar paling ramai di Jogja. Beragam barang seni dijual di sana, seperti batik, tas, blangkon, sandal, hingga berbagai macam souvenir khas Jogja yang unik dan menarik. Harganya pun beragam, tetapi dijamin pasti terjangkau, apalagi bila Anda pintar menawar. Pasar yang membentang di Jalan Malioboro ini sangat mudah di jangkau, karena letaknya berada di pusat Kota Jogja.

2. Kasongan
Lokasi: Desa Kasongan, Bantul, Jogyakarta, Indonesia.

gerabah kasongan

Desa Kasongan merupakan pemukiman para pengrajin gerabah, dan merupakan salah satu pusat kerajinan populer di Jogja. Di sana, Anda bisa mendapatkan kerajinan khas Jogja, seperti kerajinan akar, kerajinan batu, kerajinan marmer, dan lain-lain.

Di Kasongan, terdapat beberapa galeri yang digunakan untuk memamerkan hasil kerajinan masyarakat Desa-nya. Tak hanya berbelanja, Anda juga bisa melihat lebih dekat pembuatan kerajinan keramik yang konon diwariskan secara turun-menurun, serta belajar membuat sendiri kerajinan gerabah.

3. Pasar Beringharjo
Lokasi: Jl. Pabringan 1, Yogyakarta 55122, Indonesia.

pasar-beringharjo

Sejak tahun 1758, pasar Beringharjo telah digunakan sebagai tempat jual beli. Kini, hampir setiap wisatawan yang datang ke kota Jogja pasti berkunjung ke pasar Beringharjo, karena merupakan tempat berburu oleh-oleh favorit terutama berbagai bahan batik. Letaknya juga sangat mudah dijangkau karena berada di jalan Malioboro.

Bagi Anda pencinta batik dan barang-barang antik, pasar Beringharjo adalah pasar terbaik untuk membeli oleh-oleh batik. Koleksinya lengkap dan harganya terjangkau (dengan menawar tentunya). selain itu, jajanan pasar di sana juga terkenal enak dan menggoda selera. Sayangnya, pasar Beringharjo hanya buka hingga pukul 17.00 WIB.

4. Pasar Seni Gabusan
Lokasi: Jl. Parangtritis km 9,5 Yogyakarta 55186, Indonesia.

souvenir di pasar seni gabusan

Pasar seni Gabusan terlihat bersih dan megah. Arsitek yang dikerahkan untuk membangunnya pun tak tanggung-tanggung, berasal dari dalam dan luar negeri. Berburu kerajinan keramik di sini sangat pas. Pasar yang mampu menampung 444 pengrajin ini adalah surga kerajinan bantul. Dikabarkan, secara bertahap pasar seni Gabusan nantinya akan mampu menampung 8015 unit kerajinan dari seluruh Bantul.

Bangunan pasar yang terdiri dari 16 blok tersebut penuh dengan penjual handicraft yang menjual barang dari harga ribuan hingga jutaan. Akses untuk menuju Pasar Gabusan juga sangat mudah, dari Kota Jogja, Anda bisa mengambil jalur ke arah selatan atau menuju Pantai Parangtritis.

5. Kotagede
Lokasi: Kecamatan Kotagede, Bantul, Yogyakarta 55186, Indonesia

pengrajin-perak-kotagede

Kawasan Kotagede terletak di sebelah selatan kota Jogja, sekitar 5 km dari pusat kota.
Di sini adalah surga belanja bagi Anda para pemburu kerajinan perak dan tembaga.
Beragam kerajinan dari perak dan tembaga, mulai dari yang berbentuk kecil hingga besar, tersusun rapi di setiap galeri di Kotagede. Namun harga yang ditawarkan memang tidak murah, mengingat sulitnya proses pembuatan kerajinan perak dan tembaga.

Jika anda ingin mengunjungi tempat-tempat menarik tersebut maka kami siap mengantar Anda dan keluarga. Hubungi kami sekarang juga untuk reservasi dan dapatkan tarif rental mobil yang terjangkau, driver profesional dan pengalaman menyenangkan menjelajah Yogyakarta

About the author: Sabila
Penyedia jasa rental mobil di Jogja dengan harga terjangkau dan banyak pilihan mobil mulai dari City Car, MPV, SUV, Pickup, Truck dan Luxury Car.
2 Comments
  1. Alif Transport 08/05/2014 at 3:45 am

    SUKSES SELALU BOS SEMOGA BISA TERUS BEKERJA SAMA . LIKE THIS ARTIKELNYA

    • Sabila 09/05/2014 at 7:50 am

      Siap bos, semoga tambah sukses juga dan kerjasama jalan terus hehe :)

Leave a Comment